Sambutan Ketua Dewan Pengarah LSP Informatika

Pasar kerja nasional dan internasional menghendaki tersedianya SDM yang kompeten di bidangnya, banyak industri dan organisasi menuntut agar tenaga kerjanya memiliki sertifikat kompetensi yang kredibel. Sertifikasi kompetensi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki seseorang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersayaratkan.

Berbagai negara juga mensyaratkan bahwa tenaga kerja asing yang ingin bekerja di negara tersebut harus memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas dari negara yang bersangkutan.

Pemerintah Indonesia, telah berupaya menetapkan regulasi  yang mensasar tersedianya SDM yang kompeten dibidangnya, antara lain:

  • Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) atas amanat UU No.23/2003.

Di dunia pendidikan, pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa regulasi terkait sertifikat kompetensi antara lain:

  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sistem Standardisasi Kompetensi Kerja Nasional ;
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  73 Tahun 2013 Tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi; dan
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 tahun2014 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi.

Hal inilah antara lain yang melatarbelakangi terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi Informatika (LSP Informatika).

LSP Informatika diprakarsai oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika berdasarkan Surat Keputusan Kabalitbang SDM Kominfo No. 370/KOMINFO/BLSDM/OT.01.07/12/2015 tanggal 19 Desember 2015. LSP Informatika juga telah memperoleh lisensi (BNSP-LSP-317-ID) dari BNSP sebagai pelaksana sertifikasi kompetensi berdasarkan Surat Keputusan Kepala BNSP No. KEP 0025/BNSP/I/2016  tanggal 7 Januari 2016.

Sertifikasi kompetensi LSP Informatika menjadi jawaban bagi SDM di Indonesia khususnya bidang TIK dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era MEA,  AFTA dan AFLA, sehingga SDM lokal mampu bersaing dengan tenaga kerja asing dari seluruh penjuru dunia. Akhir kata, semoga LSP Informatika dapat menjadi milestone bagi APTIKOM guna mendukung kebutuhan stakeholder akan SDM Informatika dan Komputer yang kompeten untuk meningkatkan daya bangsa sehingga terwujudnya Indonesia yang adil makmur dan sejahtera.

Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D

Ketua Dewan Pengarah LSP Informatika

Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D

Ketua Dewan Pengarah LSP Informatika